syarat Mendirikan CV di Surabaya

Wajib di Ketahui : Syarat Pendirian CV di Surabaya

Ketahui Persyaratan Lengkap untuk Pendirian CV Di Surabaya yang Sah

Pendirian CV (Commanditaire Vennootschap) adalah salah satu opsi yang sering dipilih oleh pengusaha yang ingin menjalankan usaha bersama dengan dua orang atau lebih. CV memiliki keunggulan karena struktur yang fleksibel dan relatif mudah didirikan. Namun, sebelum Anda memulai proses pendirian CV, penting untuk memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi agar CV Anda dapat beroperasi secara sah. Artikel ini akan membahas secara rinci mengenai syarat pendirian CV di Surabaya yang perlu Anda ketahui.

  1. Jumlah Sekutu

    CV harus memiliki minimal dua sekutu untuk memenuhi persyaratan pendirian. Sekutu dalam CV dapat terdiri dari sekutu aktif (commanditaire) yang bertanggung jawab atas pengelolaan usaha, dan sekutu pasif (commanditaire vennoot atau vennoten) yang hanya bertanggung jawab sesuai dengan jumlah modal yang mereka kontribusikan.

  2. Nama CV

    Pemilihan nama CV harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan nama di situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) atau di notaris untuk memastikan bahwa nama tersebut belum digunakan oleh CV lain.

  3. Perjanjian Pendirian CV

    Perjanjian pendirian CV adalah dokumen yang mengatur hubungan antara sekutu dalam CV. Di dalamnya harus dijelaskan secara rinci mengenai kontribusi masing-masing sekutu, pembagian keuntungan dan kerugian, tanggung jawab, wewenang, dan hak serta kewajiban masing-masing pihak. Pastikan untuk menyusun perjanjian ini dengan baik dan teliti, dan sebaiknya melibatkan jasa ahli hukum untuk menghindari potensi masalah di masa depan.

  4. Modal Awal

    CV harus memiliki modal awal yang telah disepakati oleh para sekutu sesuai dengan perjanjian pendirian. Modal ini akan digunakan sebagai dasar untuk pembagian keuntungan dan kerugian dalam CV.

  5. Pembuatan Akta Pendirian CV

    Setelah perjanjian pendirian selesai, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian CV di hadapan notaris. Akta ini akan mencakup informasi penting mengenai CV, seperti identitas sekutu, nama CV, objek usaha, dan lain-lain. Setelah akta pendirian dibuat, notaris akan mendaftarkan CV Anda ke Kemenkumham.

  6. Pengumuman Pendirian CV

    Setelah CV didaftarkan di Kemenkumham, Anda harus mengumumkan pendirian CV dalam Berita Negara Republik Indonesia (BNRI). Pengumuman ini bertujuan untuk memberitahukan kepada publik mengenai keberadaan CV.

  7. Pendaftaran NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

    CV wajib mendaftarkan diri sebagai wajib pajak dan mendapatkan NPWP di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

  8. Izin Usaha dan Izin Operasional

    Tergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan oleh CV, Anda mungkin perlu mendapatkan izin usaha dan izin operasional dari instansi terkait sebelum memulai operasi bisnis.

BACA Juga : Panduan Lengkap Cara Mendirikan CV di Surabaya

Kesimpulan

Mendirikan CV adalah langkah penting untuk memulai bisnis bersama dengan para sekutu. Penting untuk memahami dan memenuhi semua syarat pendirian CVdi  Surabaya agar CV Anda dapat beroperasi secara sah dan terhindar dari masalah hukum di masa depan. Dengan mengikuti panduan syarat pendirian CV di Surabaya di atas, Anda dapat melangkah dengan percaya diri dalam memulai usaha bersama para sekutu. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu untuk perjalanan bisnis CV Anda!

Hubungi Kami Untuk Konsultasi Pendiriam CV

Jasa Pendirian CV SUrabaya

Kantor Office

  • Jalan Raya Cibeureum No 16 Campaka Kec Andir Kota Bandung
  • Jalan Suka Indah Raya No. A7, Padasuka Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Jalan Ngapak-Kentheng km.10.8 Sidoluhur Godean Sleman Yogyakarta
  • Jalan Perintis Kemerdekaan. Haurpanggung Kec Tarogong Kidul Kabupaten Garut
  • jalan Bubutan gang 6 No 2 Surabaya

Harus Tau! Harga Jasa Pendirian CV surabaya

Tinggalkan Komentar

💬 Konsultasi Izin Usaha?